Alasan kenapa berinvestasi diusia muda itu penting

Sebelum beranjak tentang pentingnya Investasi, terlebih dahulu kita membahas sedikit tentang Investasi supaya terbentuk mindset dan dapat menjadi bahan literasi.

Investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan di waktu yang akan datang. Namun Investasi erat dikaitkan dengan bisnis yang hanya menguntungkan pihak broker atau penyedia fasilitas investasi. Di Indonesia sendiri investasi masih dipandang sebagai hal yang tabu, ditambah dengan banyak sekali penyedia fasilitas investasi bodong, tanpa izin oleh pemerintah yang menimbulkan banyak kerugian bagi nasabah/investor. Hal mendasar untuk menghindari penipuan dapat dilakukan dengan cara mengecek nama instansi penyedia fasilitas investasi apakah terdaftar didalam badan pemerintah yaitu BAPPETI.

Lanjut kedalam pembahasan pentingnya investasi, terlebih untuk kaum muda. Dalam berinvestasi banyak manfaat yang dapat dikembangkan dan terbentuk disaat maupun setelah melakukan kegiatan investasinya, diantara lain adalah:

Uang yang Bekerja Untuk Anda
Ketika masih muda, fokus kita lebih sering terbagi untuk mengerjakan banyak hal, berkegiatan di berbagai bidang. Sambil fokus ke hal lain seperti melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau sembari membangun karir, Anda bisa mulai mendanai agar uang yang bekerja untuk Anda. Ketika Anda menabung atau hanya menahan uang Anda, uang yang Anda simpan tidak akan bekerja untuk Anda dan uang Anda tidak akan bertambah nilainya dari yang sudah Anda simpan. Beda ketika Anda berinvestasi, dana yang Anda investasikan akan menghasilkan uang tambahan dari bunga yang dihasilkannya.

Literasi yang mendatangkan keuntungan
Ilmu dalam berinvestasi penuh dengan keuntungan, ketika kita sudah terliterasi dengan baik mengenai dasar dan teknik investasi, kita dapat membagikan maupun mempraktekkan ilmu tersebut. Seiring dengan perjalanan, ilmu tentang investasi akan terus berkembang. Imbang dalam hal praktek berinvestasi sekaligus menambah literasi/ilmu mengenai investasi dapat dikatakan keuntungan berbanding lurus dengan usaha.

Menciptakan Pribadi yang Disiplin
Ketika berada di usia muda, setiap orang bisa saja haus akan hiburan. Sayangnya, untuk menikmatinya sering kali menghabiskan banyak dana sehingga pengeluaran pun menjadi tidak terkontrol. Sebaliknya, dengan berinvestasi sedini mungkin, setiap orang bisa menjadi lebih disiplin dalam hal pengelolaan keuangan. Uang yang dimiliki pun tidak akan habis begitu saja dan hasilnya bisa dituai di kemudian hari. Ketika hal ini dilakukan secara terus menerus, rasa disiplin pun akan tumbuh dalam diri sendiri.

Jaminan di Masa Depan
Salah satu alasan penting memiliki Dana Investasi yakni adanya jaminan di masa depan. Meskipun masih muda, bukan berarti Anda tidak perlu menyiapkan dana pensiun. Setiap orang juga tidak tahu seberapa besar kebutuhan yang diperlukan di masa depan. Maka dari itu, semakin cepat Anda menyiapkan diri untuk menghadapi kondisi ini, semakin banyak dana yang Anda miliki. Siapa sangka bahwa menanam uang di suatu instrumen keuangan akan berdampak pada peningkatan nilai aset dan kekayaan yang dimiliki seseorang? Aset yang dimaksud tidak terbatas pada properti atau rumah yang dimiliki, tapi juga Dana Investasi. Seiring perkembangan waktu, dana yang diinvestasikan pada aset-aset ini akan mengalami peningkatan nilai di masa mendatang sehingga mampu mendatangkan keuntungan yang lebih besar.

Kebebasan financial
Salah satu tujuan dari investasi adalah mewujudkan rencana keuangan berupa kebebasan finansial. Hal ini merupakan keadaan di mana seseorang tidak harus lagi bekerja keras, tetapi telah memiliki penghasilan pasif yang bisa terus didapatkan. Kebebasan finansial ini pun hanya salah satu dari beragam rencana keuangan. Setiap orang mempunyai rencana keuangannya masing-masing. Untuk mewujudkan hal ini, maka investasi sedini mungkin pun jadi solusi.