Aset safe-haven digunakan oleh investor untuk membatasi eksposur mereka terhadap kerugian selama periode ketidakstabilan pasar dan krisis. Jika pedagang dapat mengidentifikasi aset mana yang cenderung dihargai sementara yang lain menurun, mereka dapat membuat strategi untuk mempersiapkan diri mereka untuk pergerakan pasar dan bahkan mengambil keuntungan dari pola harga.

Apa aset safe haven?

Aset safe-haven adalah instrumen keuangan yang diharapkan dapat dipertahankan, atau bahkan memperoleh nilai selama periode kemerosotan ekonomi. Aset-aset ini tidak berkorelasi atau berkorelasi negatif dengan ekonomi secara keseluruhan, yang berarti bahwa mereka dapat menghargai jika terjadi crash market.

Ada karakteristik tertentu yang sering dimiliki aset yang berkontribusi pada reputasi mereka sebagai safe-haveb, yang meliputi:

Likuiditas                   : aset yang mudah dikonversi menjadi uang tunai, kapan saja

Fungsionalitas           : aset harus memiliki penggunaan yang akan terus menyediakan permintaan jangka panjang

Pasokan terbatas       : pertumbuhan pasokan tidak boleh melebihi permintaan

Kepastian permintaan: aset tidak mungkin diganti atau menjadi usang

Permanen                   : aset tidak boleh membusuk atau membusuk seiring berjalannya waktu

Tidak setiap safe haven akan memiliki semua karakteristik ini, sehingga investor harus membuat penilaian tentang safe haven yang paling cocok untuk iklim ekonomi. Penting untuk diingat bahwa apa yang membuat tempat berlindung yang baik untuk satu kemerosotan pasar mungkin tidak menunjukkan hasil yang sama di pasar yang lain, sehingga investor harus jelas tentang apa yang mereka inginkan dari investasi safe-haven.