Kenali Tipe Trader yg seperti apa kamu?
Mengenali jati diri sendiri dalam dunia trading sangat penting untuk dilakukan. Hal ini dirasa penting karena dengan mengetahui jati diri, memudahakan kita untuk mencapai suatu goals didalam dunia trading. Didalam dunia trading dibagi menjadi 3 diantaranya adalah Day Trading, Swing Trading, Position Trading, dimana pada ketiganya memiliki perbedaan yang mungkin cocok dengan karakter anda di dunia trading.

DAY TRADING
Merupakan tipe trading jangka pendek, biasanya cocok untuk seseorang yg ingin mencari target profit harian. Seorang DAY TRADER akan menutup posisi trading sebelum hari berganti untuk menghindari posisi menginap (overnight)
Keuntungan :
Mendapatkan Profit yang lebih cepat dalam jangka waktu 1-2hari
Kelemahan:
Beresiko tinggi pagi trader pemula yang kurang terliterasi

SWING TRADER
Merupa kankarakter/tipe trader yang terkategori sabar untuk menahan posisi lebih dari 1  hari atau bahkan lebih. Bagi pribadi yang mempunyai hobi untuk analisa secara teknikal, swing trader merupakan kategori yg cocok untuk menjadi acuan didalam dunia trading.
Keuntungan:
Resiko dapat diminimalisir dengan system analisis teknik
Kelemahan:
Membutuhkan banyak waktu tunggu untuk menghasilkan pergerakan harga yang diantisipasi.

POSITION TRADER
Merupakan tipe yang cocok untuk trader yang extra sabar dikarenakan harus menahan posisi dengan rentan waktu yang cukup lama, dari 1 minggu bahkan tahunan dan diimbangi dengan analisis teknik, analisis dasar, maupun analisis yg melibatkan keduanya. Akan tetapi dengan menguras kesabaran dan terbayang bayangi oleh resikonya, seorang position trading juga mendapatkan profit yang berkali kali lipat dibandingkan dengan tipe yang lain.

Keuntungan :
Profit yang didapatkan berkali kali lipat
Kelemahan :
Membutuhkan ekstra waktu untuk menghasilkan profit
Harus memahami analisis dasar dan teknik.